SEJARAH

Program studi Magister Teknik Sipil diusulkan oleh Universitas Narotama sebagai pengusul, dimana telah berdiri sejak 1981 di Surabaya di bawah Yayasan Pawiyatan Gita Patria (YPGP). Tujuan menyelenggarakan Program Studi Magister Teknik Sipil pada jenjang pendidikan Strata Dua untuk membina dan meningkatkan tingkat kemampuan berpikir, berinovasi, berkreasi dan mengembangkan ilmu secara mandiri para lulusan Sarjana teknik dan yang setaraf dan relevan untuk menjadi tenaga ahli di bidang Teknik Sipil.

Untuk mengetahui minat masyarakat terhadap Universitas Narotama, maka Lembaga Pengabdian dan Penelitian Pada Masyarakat (LPPM) telah melakukan survei sebagai berikut: Pertama, didasarkan pada faktor status responden menunjukkan bahwa sebanyak 155 (50%) responden merupakan mahasiswa pada semester akhir yang dipilih secara acak untuk diberi kuisioner, sebanyak 155 (50%) responden berasal dari karyawan swasta dan PNS berjenjang saarjana di Jawa Timur. Kedua, dilihat dari faktor ketertarikan terhadap Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Narotama diperoleh data; sebanyak 256 (82,5%) responden menyatakan ketertarikannya terhadap Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Narotama Surabaya, sedangkan sisanya sebanyak 54 (17,5%) responden menyatakan ketidak tertarikannya terhadap Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Narotama.

Mengacu data di atas, dan merujuk pada Undang undang No. 2 tahun 2012 tentang pendidikan tinggi, Peraturan Presiden No. 8 tahun 2012 tentang KKNI, Peraturan Pemerintah No. 4 tahun 2014 tentang penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi, dan Permendikbud No. 95 tahun 2014 tentang pendirian, perubahan dan pembubaran PTN dan PTS,serta mengacu pada Rencana Strategis Universitas Narotama, berencana akan menyelenggarakan program pendidikan Program Studi Magister Teknik Sipil, dimana para lulusan diharapkan akan menjadi tenaga ahli bidang Teknik Sipil berkualitas tinggi, serta memiliki kompetensi tinggi yang mampu bersaing, baik di tingkat lokal, nasional, regional dan internasional. Sesuai dengan persyaratan pembukaan program studi, dalam proposal ini dikemukakan antara lain: Visi dan Misi, Tata kelola, Mahasiswa dan Kelulusan, Sumber Daya Manusia, Pembelajaran dan Suasana Akademik, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat, Prasarana dan Sarana, dan Keuangan yang akan diterapkan dalam penyelenggaraan Program Studi Magister Teknik Sipil Universitas Narotama.